Cara Agar Anak Mau Makan Sayur Dengan Lahap Sampai Kenyang

Sayur dan buah merupakan makanan yang memiliki kandungan banyak nutrisi dan sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Tetapi seringkali ada anak yang susah kalau ditawarkan untuk makan sayur – sayuran. Nah, Ini adalah sebuah tantangan buat kita orang tua terutama para ibu untuk si buah hati agar anak mau makan sayur dengan lahap.

Tips agar anak mau makan sayur dan buah
Tips agar anak mau makan sayur dan buah

 

Kalau anak Anda salah satu yang tidak suka makan sayur atau buah, maka di sini wootekh akan memberikan beberapa tips sederhana agar anak Anda tertarik untuk makan sayur sayuran dan buah.

 

Tips Agar Anak Mau Makan Sayur Dan Buah

 

Makan Sayur bersama anak

Memang hal tersebut sangatlah sederhana untuk dilakukan namun manjur lho.

Anda tahu bahwa anak sering meniru orang tuanya kan?

Jadi apabila anak Anda melihat Anda sering makan sayur maupun makanan sehat lainnya maka hal tersebut merupakan akan menjadi contoh yang baik untuk anak anda. Biasanya setelah anak melihat hal tersebut maka anak-anak akan mencontohkan hal-hal yang dilakukan oleh orang tuanya.

 

Sembunyikan sayur dalam makanan lain

Tips kedua ini dapat anda coba dengan memodifikasi makanan kesukaan anak dengan cara mencampurkan sayur sayuran atau buah ke dalam makanan nya. Misalnya brownies dengan campuran bayam atau ada juga keripik bayam. Semakin anda kreatif, lezat, unik, serta memiliki kandungan nutrisi pada makanan yang dibuat, maka nutrisi anak pun akan terpenuhi dan masalah anak susah makan sayur juga selesai.

 

Lembutkan sayur atau buah

Anak memang seringkali sulit untuk dibiasakan supaya rajin makan sayur. Anda bisa mencoba untuk melembutkan buah atau sayuran tersebut dan dicampurkan ke dalam bubur, kue atau pun agar-agar supaya anak Anda mau mencobanya.

 

Berikan nama yang lucu untuk buah dan sayur tersebut

Ini trik dan tips yang menurut saya pribadi sedikit lucu yaitu mengganti nama sayuran -nya.

Contoh, memberikan nama pahlawan jagoan kesukaan mereka seperti “wortel power ranger”, ataupun bayam “popaye”.

Katakan supaya agar nanti kuat seperti “popaye” maka harus mau makan bayam. Atau “power ranger” juga suka makan wortel lho.

 

Taburi keju pada sayuran

Jika anak Anda sangat menyukai keju maka trik ini bisa Anda coba. Anda dapat mencampurkan sayuran seperti tomat dan selada ke dalam burger keju. Nyummmy!

 

Tunggu hingga anak mejadi lapar

Cara ini terkesan sedikit memaksa karena demi kebaikan anak Anda juga. Anda bisa memberikan sayur sebagai makanan pembuka bukan sebagai makanan penutup. Siapapun kalau sudah terasa lapar, makanan apa saja biasanya akan dilahap tidak peduli usia mereka.

 

Sajikan sayur sebagai cemilan

Jika Anda kreatif dan pintar dalam hal memasak, sayuran bisa dijadikan cemilan yang enak lho. Daripada anak Anda selalu menolak sayur-sayuran di waktu makan, lebih baik berikan sayuran sebagai cemilan.

Pada saat anak anda sedang belajar, anda bisa memberikan semangkuk sayuran dan buah-buahan sebagai cemilan.

Nah, Selamat mencoba sejumlah tips agar anak mau makan sayur. Semoga anak anda akan semakin menyukai sayur-sayuran.

Add a Comment

error: Content is protected !!